Strategi Pemasaran untuk Bisnis PPOB

Sebelum membuka bisnis PPOB, siapkan dulu strategi marketing untuk kelangsungan bisnis Anda. Strategi marketing ini akan mempengaruhi bagaimana produk Anda dapat dikenal masyarakat dan bagaimana masyarakat tertarik menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Berikut ini beberapa stratgei pemasaran untuk bisnis PPOB.

Tentukan Lokasi yang Strategis

Pertama-tama tentukan terlebih dahulu lokasi yang Anda pilih untuk membangun loket pembayaran online atau PPOB. Lokasi strategis yang cocok untuk bisnis ini diantaranya:

  1. Dekat dengan masyarakat yang sering melakukan transaksi perbankan, baik harian, bulanan, maupun waktu-waktu tertentu.

  2. Lokasi yang dipilih harus mudah dijangkau masyarakat. Misalnya mudah dilalui transportasi umum, lokasi bisnis terlihat jelas (tidak terlalu berada di pelosok desa yang jauh dari pemukinan masyarakat), maupun jalan menuju ke lokasi aman.

Buatlah Desain Loket Menarik

Layaknya produk makanan, akan menarik pembeli jika disajikan dengan tampilan menarik. Sama halnya dengan desain loket pembayaran yang akan Anda gunakan. Buatlah desain loket yang menarik dan berbeda dari loket pembayaran online lainnya. Sehingga bisa menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan loket Anda daripada yang lain.

Sediakan Produk yang Lengkap

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan produk pelayanan yang lengkap. Tidak hanya fokus pada satu jenis transaksi saja, namun pastikan Anda dapat melayani berbagai pembayaran online. Mulai dari pembayaran tagihan listrik PLN, telepon, air, BPJS, cicilan bulanan, produk pulsa dan kuota, voucher game, hingga transaksi atas pembelian barang secara online. Dengan begitu, banyak masyarakat yang bisa melakukan pembayaran melalui loket Anda sesuai kebutuhan mereka.

Pastikan Kecepatan Internet Terjamin

Strategi selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah kecepatan internet yang mendukung bisnis Anda. Pastikan lokasi yang Anda pilih mendukung jaringan internet yang stabil, sehingga proses transaksi yang dilakukan berjalan lancar. Jika loket pembayaran online Anda sering mengalami server down, karena ganguan jaringan internet, tentunya akan meningkatkan citra buruk bisnis Anda. Sehingga banyak pelanggan Anda yang mencari loket pembayaran online yang lebih baik.

Berikan Promo atau Penawaran Menarik

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan promo atau penawaran menarik secara berkala. Misalnya mengadakan promo di awal bulan dengan berbagai penawaran menarik lainnya. Pastikan penawaran yang Anda berikan tidak merugikan bisnis Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan memberikan bonus bulanan atau pada jangka waktu tertentu. Hal ini bisa membuat pelanggan Anda tetap setia menggunaan loket pembayaran Anda. Bahkan mengajak teman teman-temannya untuk mendatangi loket bisnis Anda untuk bertransaksi.

Promosi Menggunakan Website dan Media Sosial

Tips strategi pemasaran bisnis PPOB yang terakhir yaitu dengan menggunakan media sosial atau website. Perkenalkan produk bisnis Anda melalui website atau media sosial dalam sebuah konten yang menarik. Anda juga bisa membuat konten lain yang masih berkaitan dengan bisnis PPOB, sehingga masyarakat luas bisa mendapatkan info yang bermanfaat. Promosi melalui situs online dan media sosial, dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak masyarakat secara luas.

Demikianlah, beberapa strategi pemasaran bisnis PPOB yang bisa Anda lakukan, sehingga membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan kompetitor.